-->

Agar Tak Terkontaminasi Bakteri, Bawa Daging Mentah dengan Kantung Plastik

Agar Tak Terkontaminasi Bakteri, Bawa Daging Mentah dengan Kantung Plastik
Share

Kampanye antiplastik untuk menyelamatkan lingkungan membuat sebagian orang beralih dari kantung plastik dan menggunakan tas yang bisa dipakai berulang-ulang. Tas yang biasanya berbahan goni atau katun ini sering dipakai berbelanja.

Namun, sebaiknya jangan pakai tas tersebut untuk membawa daging atau sayuran yang masih mengandung tanah. Pasalnya, menurut Hugh Pennington, profesor bakteriologi di University of Aberdeen, Skotlandia, bakteri di tas bisa berpindah ke makanan lain.

"Daging mentah harus menggunakan kantung plastik. Jangan pakai tas kain, bahkan jika daging dibungkus sekalipun. Pasalnya, bagian luar kemasannya membawa bakteri," ujar Pennington. Ia menekankan bahwa daging mentah harus dipisahkan dari belanjaan lain, terutama makanan tak terbungkus yang dimakan mentah-mentah seperti buah.

Kantung plastik atau tas kain boleh dipakai berulang-ulang jika digunakan untuk membawa kotak sereal atau botol selai. Namun, tas atau kantung apapun yang sudah dipakai membawa daging mentah sebaiknya dibuang, tidak dipakai lagi.
Bagaimana jika tas kainnya dicuci setelah dipakai membawa daging mentah? 

"Tas kain sulit dibersihkan. Jika tampilannya jelek, harus segera dibuang. Tak semua bakteri hilang hanya dengan dicuci," jelas Pennington. Semprotan antibakteripun menurutnya tak cukup membunuh bakteri dari daging mentah.

Menurut Daily Mail (28/10/13), Pennington berkomentar setelah hasil studi University of Pennsylvania, Amerika Serikat diumumkan. Dikatakan bahwa sejak San Fransisco melarang penggunaan kantung plastik pada 2007, jumlah orang yang dirawat di rumah sakit dan meninggal dunia akibat penyakit bawaan makanan naik hampir dua kali lipat.

Profesor Jonathan Klick dari University of Pennsylvania menemukan bahwa 8% tas belanja yang digunakan berulang-ulang mengandung E.coli. Selain itu, 97% orang mengaku tak pernah mencuci tas tersebut.

"Riset keamanan pangan telah menunjukkan bahwa banyak tas yang bisa dipakai berulang-ulang sebenarnya mengandung bakteri berbahaya," kata Klick.

1 Response to "Agar Tak Terkontaminasi Bakteri, Bawa Daging Mentah dengan Kantung Plastik"

  1. Classic Iron Tinted Metal Necklace Mens | Tinted Metal Art
    Authentic babyliss nano titanium flat iron Iron Tinted Metal micro touch hair trimmer Necklace MK-2839-D in Red, Yellow and Orange. Authentic Iron Tinted Metal Necklace. polished titanium Silver Necklace tittanium - Red, Yellow and Orange titanium legs

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel